Home > Tatacara > SKCK

SKCK

Pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

I. PENGURUSAN BARU

  • Surat Pengantar dari Rumah
  • Photo Copy KTP
  • Pas Photo hitam putih 4X6 = 7 lembar
  • Pembelian Blanko SKCK/Formulir di Kopersi PRIMKOPOL Pengambilan sidik jari di identifikasi (SERSE)
  • Surat keterangan jalan dari Lurah (untuk pengurusan SKCK passport)

II. PENGURUSAN PERPANJANGAN

  • SKCK yang lama/habis masa berlakunya/photo copy
  • Pas Photo hitam putih 4 X 6 = 3 lembar
  • Pembelian/Pengisian Blanko SKCK

CATATAN :

  • Juknis No 06/IV/1985
  • Surat Keterangan Kelakuan Catatan Kepolisian (SKCK) tidak diberikan apabila Sedang tersangkut perkara pidana atau Terlibat Organisasi Terlarang

PROSES PENGAMBILAN SKCK

  • BARU

    —–> Pembelian formulir di Prikopol/Koperasi —> PENGISIAN FORMULIR/ PENGAMBILAN SIDIK JARI/IDENTIFIKASI (SERSE) SAT IPP
    – PENYERAHAN
    – PROSES
    – PENGAMBILAN

  • PERPANJANGAN

    —–> Pembelian formulir di Prikopol/Koperasi —> PENGISIAN FORMULIR

Sumber : http://www.polri.go.id/

Gw cerita lagi soal pembuatan SKCK sesuai pengalaman pribadi, yang jelas ada 2 perbedaan kalau SKCK untuk melamar di swasta prosesnya mentok sampai ke polsek tapi kalau unguk CPNS proses dilanjutin ke polres.

Sebelumnya bisa gw ceritain kronologisnya ney.

Surat pengatar dari kelurahan, minta aja ke perangkat desanya klo di tempat gw suruh isi kotak seikhlasnya,  gw kasih Rp. 3000 minim Rp.1000.

Terus minta tanda tangan ke Kecamatan di surat pengantar tadi, disini isi kotak lagi, gw kasih Rp. 2000.

Proses dilanjutkan ke polsek, disini dimintai berkas dimasukan ke stopmap warna bebas. Isinya pas photo 4×6 berwarna 2 lb, foto copy KTP. Kalau untuk swasta langsung dikasih formulir isian terus akan dibuatkan SKCK yang diketik manual pake mesin ketik yang cetik cetak cetok itu tuh. Tapi kalau untuk CPNS dimintai fotocopy surat pengantar dari desa 1 lb. kemudian akan dibuatkan surat pengantar dari polsek setempat yang isinya surat pengantar dari desa, foto copy KTP ama surat rekomendasi dari polsek.  Proses selesai silahkan pergi dari situ. Jangan lupa disini dimintai admisitrasi Rp. 5000.

Datang ke polres kalau bisa sepagi mungkin, cari bagian pelayanan SKCK, berikan amplop yang dikasih dari polsek kemudian akan diminta KTP ASLInya dan ditanyai sedikit tentang kebenaran nama, tempat/tgl lahir, gelar, keperluan pembuatan SKCK dan alamat.  KTP asli diserahkan ke kita dan kita dikasih formulir.

Setelah selesai isi formulir langsung kebagian identifikasi untuk sidik jari. Disini dimintai foto 4×6 2 lb berwarna dan ditanya sudah pernah sidik jari apa belum, jawab aja belum. Kemudian kita disuruh isi formulir sidik jari dan setelah itu diambil sidik jarinya. Berkas kita serahkan ke petugas kemudian kita akan medapatkan rumus sidik jari yang sudah di tulis di formulir kita dari bagian depan tadi. Gak bakalan lupa disini juga di mintai administrasi Rp. 5000.

Kembali ke petugas didepan, kita serahkan formulir pertama yang kita isi disertai foto 4×6 2 lb berwarna. Proses selesai dan akan diberitahu kalau SKCK nya jadinya nanti siang, itu makanya gw minta dateng sepagi mungkin. Jam 8-10 jadi jam 2 an kalau dateng jam 12 keatas ampe tutup jam 2 ya….jadinya besok mas. Tidak lupa lagi kita ditarik duit lagi disini sebesar Rp. 15.000. Kita sudah mendapatkan SKCK asli dan 7 lb legalisirnya. Mudah kan….  Yang pingin gw ingetin kalau antri yang sabar yaa…..

Categories: Tatacara
  1. dodi hari sudradjat
    20 June 2008 at 3:06 am

    apakah sifatnya SKCK?
    keharusan atau pelengkap…

  2. Ram
    10 July 2008 at 1:08 am

    ????

  3. 2 September 2008 at 6:59 am

    hmmmm begitu ya cuma apa tuh surat pengantar dari lurah sama keterangan jalan dari lurah?kaya gimana isinya?

  4. 13 November 2008 at 1:14 am

    thx infonya, bos😉

  5. suyanto
    12 April 2009 at 4:20 pm

    bos, surat pengantar dari kelurahan yang repot nih. gua ktp tangerang, tapi domisili di jakarta timur. kemarin ke pak rt di tolak karena ktpnya belum disini. jadi ribet. Kenapa ngak langsung aja ke kepolisian dan seluruh polsek, asal ada ktp gitu, kan data2 diri kita di kepolisian kan sudah ada dan sudah network di komputer pusatnya. Kayak urus sim dan stnk kan jadi lebih memudahkan setiap warga negara. Kapan ya birokrasi jadi lebih simple dan memudahkan. Kenapa kok ngak di bikin mudah sesuatu yang sulit. Apakah memang masih berpegang pada cara kuno “Kalo bisa dipersulit kenapa dipermudah”. UUD deh jadinya ujung2nya duit.

  6. 18 May 2009 at 1:24 pm

    pak.. numpang ngopi yahh..
    thx…
    regards
    riza_fahlapi@yahoo.co.id

  7. sayang
    27 May 2009 at 4:44 am

    gimana ya caranya ngurus SKCK kalo gwnya gak ada di indo?
    help dong

  8. Wahyu Am
    2 July 2009 at 12:08 am

    Iya nih, knp harus pake pengantar. Jaman kan udah maju. Online Online.

  9. nanya2
    22 July 2009 at 11:47 am

    Kok Dari Polri Sendiri gak dilampirkan biayanya yah..
    padahal ditulis dalam persyaratan..
    Pembelian Blanko SKCK/Formulir di Kopersi PRIMKOPOL
    Pembelian Blanko SKCK/Formulir di Kopersi PRIMKOPOL

    entah brp biayanya..
    padahal langsung dari web resmi POLRI..
    ckckckck……

  10. dennis
    9 September 2009 at 11:49 am

    klo semisalnya dulu pernah tersangkut kasus n udah vonis apa skck tetep bisa keluar?

  11. dennis
    9 September 2009 at 11:51 am

    mau nambahin lg, apabila dulu pernah tersangkut kasus trs udah vonis apakah di skcknya disitu juga tertulis dulu perrnah tersangkut kasus?

  12. mona
    25 September 2009 at 6:40 am

    aq 5 bkn skck,dh d srt pngntr,dh d ft,cm krng fc ktp 5 c1,smp d plsk srt pngntrq dminta,trs q dsrh fc ktp 5 c1 dl,sesudh fc kuserhkn d polsek,e msh dsruh fc srt pngntr lg,pdhl td srt pngntrny dmnta,gmna sh ptgs polsek itu,kok mencla mencle,alias plin plan

  13. 16 February 2010 at 2:39 am

    diri Q buat RT-Kecamatan gratis polsek Rp. 5000,- Polres Rp. 25.000,- ko jatuhnya lebih mahal.

  14. masbe
    24 June 2010 at 2:03 pm

    kok diliat disumber ga ada bos

  15. 23 October 2014 at 4:12 am

    Thanks for another informative website. The place else could I am getting that
    type of info written in such an ideal means? I have a mission that I’m
    just now running on, and I have been at the look out for such information.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: